Tuesday 28 March 2017

Kaya Dan Miskin Itu Ujian, Untuk Ditambah Atau Disiksa


Bismillaah.

Orang jahiliyah menyangka bahwa mereka kaya itu tanda Allah cinta dan jika dia lagi miskin itu pertanda Allah tidak menyukainya. Lalu Allah membantah bahwa kaya-miskin itu bukan tanda suka-benci, tetapi ujian bagi mereka agar mereka bersyukur dan bersabar atau sebaliknya.

Allah subhanahu wa ta'ala menceritakan :

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia berkata : ‘Tuhanku telah memuliakanku’. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata : ‘Tuhanku menghinakanku’. Bukan demikain!” (QS. Al-Fajr [89]: 15-16)

Dalil kaya-miskin ujian adalah :

Kami akan menguji kamu dengan keburukan (miskin) dan kebaikan (kaya) sebagai ujian (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.”
(QS. Al-Anbiya [21]: 35)

Mari kita menyimak kisah 3 orang yang Allah uji dengan harta.

Diriwayatkan dari abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Dahulu di masa Bani Isra’il ada tiga orang : belang (sopak), botak, dan buta. Allah menguji mereka, maka Allah mengutus seorang malaikat yang datang pada orang yang belang (sopak), lalu bertanya kepadanya, ‘Apa yang Anda inginkan?’ Jawabnya, ‘Warna yang bagus dan kulit yang indah, karena manusia menjauhiku.’ Maka ia diusap oleh malaikat sehingga hilanglah penyakitnya, dan berubah menjadi warna yang bagus dan kulit yang indah. Malaikat bertanya, ‘Harta apa yang Anda sukai?’ Jawabnya, ‘Onta.’ Maka diberinya onta bunting sambil dido’akan semoga Allah memberkahi untukmu."

"Kemudian malaikat datang kepada yang botak dan bertanya, ‘Apa yang Anda sukai?’ Jawabnya, ‘Rambut yang bagus dan hilangnya botakku ini, sebab orang selalu mengejekku.’ Maka diusap oleh malaikat itu dan langsung hilang botaknya serta tumbuh rambut yang bagus, lalu malaikat bertanya lagi, ‘Harta apa yang Anda sukai?’ Jawabnya, ‘Sapi.’ Maka diberinya sapi bunting sambil dido’akan, ‘Semoga Allah memberkahi untukmu.’

"Kemudian malaikat datang kepada yang buta dan bertanya, ‘Apa yang Anda sukai?’ Jawabnya, ‘Aku ingin sekiranya Allah mengembalikan penglihatan mataku supaya dapat melihat manusia.’ Maka diusap oleh malaikat lalu Allah mengembalikan penghlihatannya. Malaikat bertanya, ‘Kini harta apa yang Anda sukai?’ Jawabnya, ‘Kambing.’ Lalu diberinya kambing yang bunting. Berjalanlah beberapa lama sehingga masing-masing telah memiliki selembah onta, dan selembah sapi, dan selembah kambing."

"Kemudian malaikat itu kembali kepada orang yang dahulunya belang (sopak) itu seperti rupa dan keadaannya terdahulu (belang) dan berkata, ‘Saya seorang miskin yang terhenti karena pegunungan, maka tiada yang dapat menyampaikan aku ke tujuan kecuali pertolongan Allah kemudian bantuanmu, aku mohon kepadamu demi Allah yang memberimu warna yang indah, kulit yang bagus, serta harta kekayaan satu onta untuk menyampaikan aku ke tujuanku dalam bepergian ini.’ Jawabnya, ‘Hak-hak orang masih banyak.’ Lalu malaikat berkata, ‘Aku seperti kenal Anda. Tidakkah Anda dahulu belang sehingga dibenci manusia, miskin kemudian diberi kekaya­an oleh Allah?’ Jawabnya, ‘Sungguh aku mewarisi harta ini dari orang tua.’ Maka malaikat berkata, ‘Jika Anda dusta, semoga Allah mengembalikan Anda pada keadaan yang dahulu itu.’

"Kemudian malaikat mendatangi si (mantan) botak seperti rupa dan keadaannya terdahulu (botak) dan berkata seperti yang dikatakan kepada si belang. Ia pun menjawab seperti jawaban si belang sehingga malaikat berkata, ‘Jika Anda dusta, semoga Allah mengembalikan Anda pada keadaan yang dahulu itu.’

"Kemudian malaikat datang kepada si (mantan) buta dan berkata, ‘Saya seorang miskin yang terhenti karena pegunungan, maka tiada yang dapat menyampaikan aku ke tujuan kecuali pertolongan Allah kemudian bantuanmu, aku mohon kepadamu demi Allah yang mengembalikan penglihatanmu seekor kambing untuk menyampaikan aku ke tujuanku dalam bepergian ini.’ Jawabnya, ‘Benar dahulu aku buta, kemudian Allah mengembalikan penglihatanku dan miskin kemudian Allah mengkayakan aku, maka kini ambillah sesukamu, demi Allah aku takkan melarangmu mengambil sesuatu yang Anda ambil karena Allah.’ Maka malaikat itu berkata, ‘Tahanlah hartamu, sebenarnya kalian bertiga sedang diuji oleh Allah. Allah ridha kepadamu dan murka pada kedua kawanmu.’”   (HR. Al-Bukhari no. 3464 dan Muslim no. 2964)


Wallahu a’lam.

Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top