Sunday 19 March 2017

Tidak Shadaqah Dan Tidak Jihad, Lantas Dengan Apa Engkau Akan Masuk Surga?


🍃 Imam al-Hakim dalam mustadroknya mengeluarkan hadits dengan sanad jayyid, baik untuk digunakan sebagai hujjah, juga dishohihkan oleh Imam adz-Dzahabiy. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam at-Thobroniy dan Imam al-Bayhaqiy, dari Basyir bin al-Khoshoshiyyah rodhiyallohu 'anh berkata,

أتيتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم لأبايعَه على الإسلامِ , فاشترطَ عليَ تشهدُ أن لا اله إلا الله وأنَ محمداً عبدهُ ورسولُه وتُصلي الخمس, وتصومُ رمضانَ وتؤدي الزكاةَ وتحجُّ البيتَ وتجاهدُ في سبيلِ الله قال : قلتُ يا رسولَ اللهِ أما اثنتانِ فلا أُطِيقُهما ، الزكاةُ لأنهُ ليسَ ليَ إلا عشرُ ذَودٍ هم رُسلُ أَهْلي وحُمولَتهم , و أما الجهادُ فإنهم يزعُمون أن من ولى فقد باء بغضبٍ من اللهِ فأخافُ إن حضرني قتالٌ كرهتُ الموتَ وجَشَعت نفسي ، فقبض رسولُ اللهِ يدهُ ثم حَركها ثم قال : ( لا صدقةَ ولاa جهادَ فبم تدخلِ الجَنة فقبض رسول الله يده ثم حركها ثم قال لا صدقه ولا جهاد فبم تدخل الجنة ) .

🍃 "Aku datang kepada kepada Rosululloh shollallohu 'alayhi wa sallam bay'ah kepadanya untuk masuk islam. Maka beliau mensyaratkan kepadaku untuk bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak di-'ibadahi selain Alloh dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rosul-Nya, sholat lima waktu, puasa Romadhon menunaikan zakat, haji ke baitulloh dan berjihad di jalan Alloh." Dia lanjutkan, "wahai Rosululloh ada dua yang aku tidak mampu, yaitu zakat karena aku tidak memiliki sesuatu kecuali sepuluh dzaud (sekelompok unta) yang merupakan titipan dan kendaraan bagi keluargaku. Sedangkan jihad, orang-orang yakin bahwa yang lari (ketika perang) maka akan mendapat kemurkaan dari Alloh, sedangkan aku takut jika ikut perang lalu aku takut mati dan ingin (menyelamatkan) jiwaku." Lalu Rosululloh menggenggam tangannya kemudian menggerakkannya lalu berkata, "Tidak shodaqoh dan tidak jihad? Dengan apa engkau masuk surga?" Lalu Rosululloh menggenggam tangannya kemudian menggerakkannya lalu berkata, "Tidak shodaqoh dan tidak jihad? Dengan apa engkau masuk surga?"


️ Renungkanlah wahai saudaraku muwahid perkataan Rasululloh sang pilihan shollallohu 'alayhi wa sallam, "Tidak shodaqoh dan tidak jihad? Lalu dengan apa Engkau masuk surga?" Dengan apa Anda masuk surga? 

Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top