Tuesday 21 March 2017

Keluhan Seorang Hamba


Ketika aku katakan :

"Hamba di sakiti."

Engkau menjawab :

قُلْ يٰعِبَادِىَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلٰىٓ

 أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَّحْمَةِ اللَّهِ  ۚ  إِنَّ

 اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا  ۚ  إِنَّهُ ۥ  هُوَ

 الْغَفُورُ الرَّحِيمُ.

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.
[QS. Az-Zumar : 53]

Ketika aku katakan :

"Tak ada yg mengerti kegalauan hati hamba."

Engkau menjawab :

الَّذِينَ ءَامَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ

 اللَّهِ  ۗ  أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ.

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.
[QS. Ar-Ra'd : 28]

Ketika aku katakan :

"Begitu banyak orang yang menyakiti hamba."

Engkau menjawab:

فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ...

"...Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka...."
[QS. Ali 'Imran : 159]

Ketika aku katakan :

"Hamba sangat kesepian."

Engkau menjawab :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسٰنَ وَنَعْلَمُ مَا

 تُوَسْوِسُ بِهِۦ نَفْسُهُ ۥ   ۖ  وَنَحْنُ أَقْرَبُ

 إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ.

"Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya."
[QS. Qaf : 16]

Ketika aku katakan :

"Dosa hamba melimpah."

Engkau menjawab :

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا

 أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا

 لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ

 وَلَمْ يُصِرُّوا عَلٰى مَا فَعَلُوا وَهُمْ

 يَعْلَمُونَ.

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah.? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui."
[QS. Ali 'Imran : 135]

Ketika aku katakan :

"Jangan tinggalkan hamba."

Engkau menjawab :

فَاذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِى وَلَا

 تَكْفُرُونِ.

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.
[QS. Al-Baqarah : 152]

Ketika aku katakan :

"Masalah hamba sangat banyak."

Engkau menjawab :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ ۥ  مَخْرَجًا.

"Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya."
[QS. At-Talaq : 2]

Ketika aku katakan :

"Impian hamba banyak yang tidak menjadi nyata."

Engkau menjawab :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ  ۚ

 إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى

 سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ.

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

[QS. Ghafir : 60].

Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top